BIR PLETOK Kedoya selatan

pada tahun 2010 wilayah Kelurahan Kedoya Selatan dinobatkan sebagai produsen Bir Pletok unggulan wilayah Jakarta Barat,Orang Betawi memang punya Gaye minuman khas, yakni bir pletok, halal karena sama sekali tidak mengandung alkohol.Berbeda dengan bir pada umumnya yang memabukkan, bir yang satu ini justru sangat menyegarkan. Sebagai pelepas dahaga, minuman khas Betawi ini enak diseruput kala hangat, namun sedap pula diminum dingin beserta es batu.

Konon, nama bir pletok muncul dari kaum Betawi gedongan yang kerap bergaul dengan orang Belanda. Mereka melihat, ketika minuman berbahan dasar jahe ini dikocok dan dituang ke dalam gelas, muncul busa di bagian atasnya, persis seperti bir yang sering diminum orang-orang Belanda. Bisa jadi, dari sinilah nama bir itu muncul.
resep Bir Pletok bahan-bahan yang diperlukan bisa ditemui di pasaran, seperti Jahe, cengkeh, kayu manis, buah pala, kembang peka, cabe Jawa, daun sereh, daun pandan, daun Jeruk purut, lada hitam, dan ka-pulaga. Iris rempah-rempah, masukkan ke dalam panci berisi air, rebus Semua bahan direbus hingga mengeluarkan wangi kecuali kayu secang yang berfungsi untuk pewarna dan gula pasir untuk pemanis, dimasukkan belakangan. Tutur Rismi Madja atau yang dikenal dengan sebutan Ibu Madja yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan, dalam mengembangkan Bir Pletok, minuman tradisional berkhasiat asli Jakarta.

Sementara Itu untuk yang produk instan. Jahe diparut. kemudian diperas dan diambil airnya yang kemudian direbus bersama 12 macam rempah lainnya, digodok di atas wajan sampai kering airnya hingga menyisakan serbuk, karena prosesnya agar rumit, harga produk yang instan lebih tinggi dibandingkan yang cair biasa.
Harga produk  bervariasi tergantung besar  kemasan dan Jenisnya, misal Bir Pletok cair ukuran botol 330 ml dijual seharga Rp 6.000. ukuran botol 650 ml Rp 15.000. Sedangkan yang serbuk yang dikemas dalam toples. Untuk yang rasa creamer, dijual seharga Rp 20.000 sedangkan yang original Rp 15.000.

produk Ibu Madja sudah mendapat kan izin DISKES dengan No.21337402273

alamat mengembangkan Bir Pletok Ibu Rismi Alifah Madja
Jl.Adhikarya ( pasar kemis )Rt 007 / 05 Kedoya selatan
No.Tlp 021.5809205

Share:

4 komentar:

  1. Nama bir pletok memang sering kedengeran di kuping kite semua,sayang promosi yang kurang luas jadi tetangge di sekeliling rumah kite malah kaga ade nyang tahu kalau di tempat bu maja ada bir pletok.aye warga rt003/05 di sebrang bu maja di pinggiran kali juga kaga tahu padahal aye pengin nyobain kaya ape rasanye bir pletok

    BalasHapus
  2. OOOO.. Bir Pletok .,wah bagus nich .., Saya malag Ndak ngerti kalau di daerah pintu air ada Pembuat yang namanya BIRR PLETOK .., Hmm kira kira Minumannya itu kedaluarsanya berapa lama yha , dari semenjak pembuatannya , kalau misalnya kurun waktu 1/2 tahun .., lumayan tuch bisa di pasarin ,hehhehheee,
    kapan kapan coba beli ah .., penasaran

    BalasHapus
  3. Mantap ntar beli ane beli deh

    BalasHapus

]" />
" />

cinta

yatim
yayasan attarbiyahpintu air. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Categories

" />

Label

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support